Singkong Dan Olahan Dunia Singkong

Singkong dan Olahan dunia singkong pada umumnya, budidaya singkong alias ubi kayu alias ketela pohon yang biasa dilakukan petani kita hanya menghasilkan singkong segar seberat 25-40 ton perhektar permusim tanam. Jika ingin mendapatkan hasil yang jauh lebih baik, maka tehnik budidaya harus dilakukan dengan luar biasa. Langkah-langkahnya sebagai berikut. (Untuk lahan seluas satu hektar). 1. Jenis tanah yang baik adalah tanah darat lempung berpasir, hitam humus sampai kuning berpasir. Tanah pasir, tanah kapur,tanah berbatu, kuning liat dan merah liat kurang cocok untuk budidaya singkong. Tanah rawa dan gambut juga sebaiknya dihindari. Tanaman singkong tidak tahan terhadap rendaman air. Lahan juga harus bebas naungan. Lahan juga harus bebas dari terpaan angin kencang sepanjang tahun. 2.Lakukan pengolahan tanah di awal musim penghujan. Tanaman singkong sampai umur 5 bulan rentan terhadap kekeringan. Semprot gulma dengan herbisida sistemik dengan campuran penguat, misalnya herbisida Rambo dengan penguat Garlon, perbandingan 10:1. Dosis 100 ml/knapsack sprayer kapasitas 14 liter. Dosis cukup 1 liter campuran herbie per 220 liter air jika penyemprotan dilakukan memakai mesin cucian motor/mobil. Tiga hari kemudian tebarkan 30 (tiga puluh) sampai 50 (lima puluh) ton pupuk kandang atau pupuk kompos yang telah difermentasi atau telah matang. Tabur juga 3-5 ton kaptan/dolomit. Tiga hari kemudian lakukan pembajakan tanah dengan traktor pertanian yang besar. Diameter cangkul parabola minimal 65 cm. Kedalaman cangkulan minimal 30 cm, diukur dari tanah yang belum dicangkul. Saat pembajakan, petani harus memandori. Bila perlu, beri operator traktornya sedikit servis, agar kerjanya lebih baik. Operator yang tidak diservis dan tidak dilakukan pendekatan, sering melakukan kecurangan dengan cara mengantung hidrolik cangkul. Lima belas hari kemudian lakukan pembajakan kedua. Akan lebih baik jika dalam waktu lima belas hari itu ada turun hujan. 3. Sediakan bibit yang baik. Jenis singkong gajah atau singkong borneo, sesuai permintaan pasar. Singkong gajah adalah jenis singkong makan, sedangkan singkong borneo adalah jenis singkong racun, untuk pembuatan tepung tapioka. Sebagian petani menyebut singkong borneo sebagai singkong gajah putih, atau singkong kalimantan. Bibit yang baik itu tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Posisinya ada di 30 cm di atas titik tumbuh tunas dan 30 cm di bawah tangkai daun yang masih lengket saat singkong di panen. Diameter antara 1-2 inch. Panjang stek sekitar 25 cm. Mata tunasnya rapat, 7-10 mata tunas perstek. Bibit masih segar ditandai dengan kulit dalam yang masih hijau dan keluar getah jika kulit dikelupas. Jika Anda membeli bibit singkong, jangan minta yang sudah dipotongkan stek perstek. Minta saja yang panjang 1 meter atau lebih, kelipatan 25 cm, lalu potong sendiri. Percayalah, sulit mendapatkan stek yang memenuhi syarat ini jika kita membeli bibit. Karena itu, biasanya syarat ini baru bisa terpenuhi setelah kita panen sendiri. Stek dipotong dengan gergaji yang tajam, satu persatu. Titik potong adalah 1-2 cm di bawah mata tunas. Potongan rata, tidak miring. Sekitar satu inch di atas potongan bawah, lukai kulit stek dengan gergaji sepanjang 1 cm. Sekitar satu inch di atas luka tadi, buat luka yang sama, tapi posisinya saling membelakangi. Usahakan luka ada di antara mata tunas. Jangan tunasnya di gergaji. Rendam stek dalam larutan air dan Atonik, dosis 2 persen selama lima sampai sepuluh menit. Sediakan tali tambang ukuran 5 mm sepanjang 25-30 meter. Warna putih. Tandai dengan spidol permanen warna merah setiap 1 meter. Ikatkan kedua ujungnya pada sebatang kayu yang kuat, diameter 3 cm, panjang 50 cm, runcingkan ujungnya. Gunakan tali ini sebagai alat pengatur jarak titik tanam. Jarak tanam 1 x 1,5 meter. Lorongan jarak yang 1,5 meter itu membujur Timur-Barat. Tanamkan stek sepertiganya. Tegak lurus, jangan miring-miring. Bekas keratan kulit stek harus terbenam semua. Penanaman harus dilakukan saat musim hujan sudah masuk. Selesai tanam, langsung dipupuk dengan NPK Phonska 100 gr/batang. Pupuk ditabur keliling stek jarak 5 cm sampai 20 cm. Pemupukan dilakukan sore hari di atas jam 16.00. 4. Umur 1 bulan, lakukan penunasan. Buang tunas yang kecil/jelek, tinggalkan tunas yang sehat dan bagus. Utamakan memelihara tunas yang tumbuh di sebelah atas. Sisakan 2 tunas jika tujuan penanaman adalah untuk perbanyakan bibit dan produksi. Sisakan 1 tunas jika tujuan hanya untuk produksi. Lakukan pemupukan kedua yang jumlah dan caranya sama seperti pemupukan pertama. Hanya saja jarak tebar diperlebar hingga 30 cm dari titik tanam. Aplikasi pupuk cair yang disemprotkan akan cukup membantu. Bisa memakai Gandasil A atau jenis lain. Kandungan hara mikronya akan menambah tinggi produksi. Dosis dan waktu aplikasi bisa dilihat di brosur produk masing-masing. 5. Umur 3 bulan lakukan pemupukan ketiga. Sama seperti pemupukan kedua, hanya saja jarak tebar diperlebar hingga 40 cm dari titik tanam. Selesai memupuk lakukan pendangiran dan pembumbunan. Tinggi pembumbunan hingga stek menjadi terbenam setengahnya atau sekitar 12-13 cm. Jika sejarah tanah pernah terserang jamur upas, maka aplikasikan dolomit kembali 3 ton perhektar. 6. Umur 5 bulan lakukan pemupukan keempat dengan ZA 50 gram per batang. Jika ada serangan kutu kebul atau kutu putih, semprot dengan insektisida
 

1.Resep Cara membuat Singkong Keju

mungkin banyak sobat yang menganggap remeh olahan singkong, karena kebanyakan singkong hanya diolah dengan digoreng atau direbus, paling bagus dibuat kolak, hehehe itu kalau di desa, nah tahukah kalian bahwa sedikit kreativitas akan merubah cita rasa pada bahan makanan, khususnya singkong, seperti pada resep singkong keju ini, dijamin rasanya pasti gurih menggoda selera, langsung saja yuk bikin singkong kejunya

Bahan Membuat Singkong Keju :

  • 1 kg singkong, buang kulitnya, potong-potong dan cuci
  • 6 siung bawang putih, dihaluskan
  • 2 sendok makan garam

Bahan Untuk kreasi singkong keju

  • Keju 125 gram, atau secukupnya sesuai selera
  • Mentega 125 gram
  • susu putih kental manis secukupnya

Cara membuat Singkong Goreng Keju Empuk :

  • Pertama Goreng singkong dengan minyak agak banyak diatas api sedang ( jangan terlalu panas, karena warnanya akan jelek) hingga setengah matang.
  • Kalau sudah matang tiriskan, dan sisihkan.
  • Ambil wadah sedang dan masukan bawang putih serta garam ditambah air secukupnya saja.
  • kemudian rendam singkong di air berbumbu tadi.
  • Rendamlah sampai merekah , sekitar 5 sampai 10 menit.
  • Setelah mekar merekah, Goreng singkong kembali hingga garing.
Setelah selesai digoreng, lalu oleskan mentega langsung ketika singkong masih panas, dan taburi dengan parutan keju, dan tambahkan susu kental manis sesuai selera, dan hidangan singkong keju yang enak pun siap untuk disajikan.
 
Dan berikut ini adalah contoh gambar-gambar kreasi singkong keju, yang semoga dapat anda jadikan contoh untuk saran penyajian dari kami :
 

2.Rolade daun Singkong

Selama ni aku dah tinggal di 4 provinsi dalam waktu yang lama, rolade daun singkong ini setau ku cuma ada di Salatiga (….kangen..ma udaranya…) di tempat lain kayanya ga da deh, mungkin cuman ada di salty n sekitarnya. Aku dah Browsing ada juga yang memberikan beberapa resep tapi agak ribet. Nah ni resep bt yang a lil’ bit males karena waktu pembuatan yg agak lama, ni dipersingkat waktunya. Paling banter ngrebus daun singkongnya doang yg lama. Cekidot….
 
Resep Rolade Daun Singkong ala tika
 
Bahan
–        1 ikat daun singkong (klo blinya di pasar, klo metik di tetangga perlu melewati beberapa rumah tuh biar dapet sepanci 馃檪 )
–        5-6 buah tahu putih (boleh lebih)
–        daun bawang  iris halus
–        1/4 kg Terigu
–        3 sdm tepung beras
–        1 btr Telur
–        Garam, penyedap rasa (royco ayam) secukupnya
 
Bumbu halus
路         5 btr bawang putih
路         2 btr bawang merah
路         kunyit sedikit aja kira2 1 ujung sdt (gunanya memberi warna)
路         1 sdt Ketumbar
路         Merica (klo aku gak pake)
 
Cara Pembuatan
1.   Rebus daun singkong sampe lembut kira2 录 jam boleh lebih boleh kurang tergantung selera
2.  Tiriskan daun singkong, iris kasar
3.  Masukkan ke dalam baskom atau mangkok yang agak besar
4.  Hancurkan kasar-kasar tahu putih,
5.  Masukkan daun bawang, beri garam penyedap dan bumbu halus aduk rata.
6.  Buat bulatan lalu tekan sedikit kira-kira sebesar ukuran perkedel ukuran sedang d warung nasi
7.  Pelapis: campur terigu dengan air, tepung beras dan telor beri garam sedikit (hanya untuk penghangat rasa)
8.  Celupkan adonan daun singkong tadi ke dalam adonan tepung, lalu goring dengan api sedang, sampe berwarna kekuningan angkat
9.  Hidangkan dengan cabe rawit untuk di jadikan cemilan atau bias juga dimakan hangat2 dengan nasi sebagai lauk makan鈥
 
Pokok e maknyuusss鈥︹
Maaps fotona lum bisan disertakan dikarenakan gairah untuk menulis munculnya malam ini.he鈥e鈥.
Tips: untuk melembutkan daun singkong, anda bisa gunakan soda kue seujung sendok teh pada saat daun singkong sudah mendidih (optional)
 
 
 
 
3.Cara buat KERIPIK singkong empuk, renyah dan enak
 

salam ganteng buat smua…

Disini saya mau berbagi tips/cara membuat kripik singkong yg sebenarnya.
pasti dah gak asing kan ma kripik pedes yg sedang ngehits belakangan ni.

ada MAICIH, JAWARA, NDOWER, BANG JACK, KID ROCK, MAS KRIBO dan msh bnyk yg lainnya. masing-masing merek mempunyai cirikhas rasa yg berbeda,so silahkan dicoba semua,terutama yg NDOWER ya (promosi).

nah disini saya mau berbagi ilmu biar jalan saya menuju surga lancar tanpa tersesat (kata pak ustad).

kripiki singkong tu cemilan yg murah, gampang dibuat, awet, dan enak, itu pun kalo tau cara ngolahnya.

yg harus DIBELI utk memulai pembuatan kripik singkong:
1. Singkong
2. Serutan buah (biasa yg buat rujak)
3. Soda kue
4. Oven Kompor (jika memang diperlukan)

Spoiler for oven kompor:
 

BUMBU:
smua bumbu masakan bisa dipakek,beli bumbu jadi/alus dipasar2. bisa pakek bumbu rendang, bumbu kari, ato bumbu kacang. silahkan bereksperimen, krn singkong sndri memang gak pny bumbu paten. aneka sambel jg bs dibuat bumbu, seperti sambel terasi, sambel goreng, sambel petis dll, hny saja tidak perlu ditambahkan tomat, krn jika memakai tomat singkong akan berjamur.

Banyak info yg salah mengenai proses pengempukan singkong, ada yg bilang pakai kapur sirih, da yg bilang di rendam selama 12jam, da yg bilang tergantung dari pemilikan singkong, da juga yg bilang direbus dulu.
semua cara tu dah ak coba dan alhasil tetap saja tekstur dr keripik keras saat digigit.
disini saya kasih rahasianya krn berbagi tu indah

LANGKAH-LANGKAH:
1. beli singkong yg masih fresh blm lebih dari satu hari setelah dicabut dari akarnya
2. setelah proses pengirisan slesai cuci singkong hingga bersih (singkong jgn diiris terlalu tipis)
3. lalu rendam singkong dengan air panas
4. campurkan soda kue dalam air rendaman (1sdt/1liter air)
5. diamkan air hingga dingin
6. bilas singkong dan tiriskan
7. goreng dengan api yg besar (perbandingan minyak dan singkong adl 3:1)
8. tiriskan lalu diamkan hingga dingin
9. tumis bumbu yg sudah disiapkan,saat ditumis bumbu hrs diratakan ke smua sisi penggorengan
10. setelah bumbu kering matikan/kecilkan api lalu masukan kripik dan campur rata
11. setelah bumbu tercampur rata,tiriskan dan diamkan hingga dingin
12. setelah itu silahkan dicoba, masalah enak atau tidak enak tu tergantung dr bumbu yg anda pilih 

CATATAN*: jika setelah dicampur bumbu, singkong menjadi lembek itu berarti bumbu terlalu berair atau belum kering saat ditumis, namun tdk perlu khawatir da 2 cr utk membuat singkong renyah kembali, yaitu dgn cara di goreng lagi dgn api yg besar namun dgn resiko rasa di singkongny akan sedikit hambar,ato bs dgn oven agar tdk merubah rasa (disarankan pakek oven kompor).

sekian sedikit ilmu yg bs saya bagi, jika da lebih mohon dikembalikan jika kurang mohon dimaklumi.

salam untuk semua

 
syaid adianto

syaid adianto

Seorang Pemuda yang memiliki hobi membaca, berenang, jogging, berolahraga, futsal, dan treveling.聽
syaid adianto

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *