Kemajuan Teknologi Mewarnai Tren Rekrutmen di 2018

Bagaimana tidak teknologi berdampak positif bila digunakan sesuai dengan fungsinya.

 

Tren rekrutmen di tahun 2018 akan menunjukkan beberapa perubahan dari tren yang sudah berlangsung di tahun-tahun sebelumnya. Perubahan tersebut diwarnai oleh perkembangan teknologi, meski posisi manusia di dalam sebuah HRD tidak dapat digantikan dalam penilaian melalui mekanisme komunikasi antarpribadi. Selain itu, proses rekrutmen konvensional seperti memasang lowongan kerja, memeriksa CV, dan melakukan wawancara hingga kandidat terpilih mungkin masih dilakukan untuk posisi tertentu.

Proses merekrut karyawan di tahun 2018 akan dilakukan secara lebih relevan dengan kondisi dunia bisnis terkini. Melalui pengetahuan tentang tren yang ada, Anda dapat melakukan rekrutmen dengan cara yang sesuai.

Rekrutmen melalui media sosial

Tren rekrutmen di tahun 2018 akan diwarnai oleh penggunaan fitur di media sosial. Perusahaan-perusahaan terbaik akan memanfaatkan interaksi di media sosial untuk menjaring kandidat. Investasi strategi, marketingrekrutmen, dan alat pemantau akan semakin giat digunakan.

Melalui media sosial, perusahaan akan memperkuat branding terhadap karyawan. Lewat media ini dapat diketahui perbandingan antara apa yang dijanjikan perusahaan dengan kenyataannya. Menurut penelitian Glassdoor, para kandidat membaca setidaknya enam ulasan untuk mendapatkan penilaian tentang sebuah perusahaan. Mereka juga meneliti bahwa 79% kandidat menggunakan media sosial untuk mencari pekerjaan.

Media sosial merupakan sarana yang tepat untuk saling menemukan antara pencari kerja dengan perusahaan. Akses gratis yang diberikan oleh media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, dan Snapchat sangat mendukung hal ini. Perekrut andal juga umumnya mempunyai keahlian untuk mengakses semua media sosial demi menghubungkan data-data kandidat.

Pengalaman adalah prioritas kedua setelah kecerdikan dan ketangkasan

 

Melihat panjangnya daftar pengalaman yang tertulis di dalam CV, tidak lagi menjadi tren rekrutmen di tahun 2018. Pada tahun 2016, kurang dari 50% perekrut percaya bahwa kandidat dapat dijaring berdasarkan kemampuan belajar, berinovasi, dan berkolaborasi. Namun pada tahun 2018, para CEO mulai menyadari bahwa karyawan yang direkrut harus memiliki keterampilan menyelesaikan masalah, adaptif, kreatif, dan inovatif.

Sekitar 30% CEO akan menumpukan rekrutmen pada skilldan kemampuan adaptasi. Sementara sisanya sepakat untuk mengubah pola perekrutan agar bisa mendapatkan kandidat yang sesuai. Bagaimana pun, mereka mencari kandidat dengan keahlian sesuai struktur kerja yang relevan untuk masa depan.

Rekrutmen melalui perangkat mudah alih

 

Perangkat mobile seperti smartphone dan tablet kini dimiliki oleh hampir semua orang. Benda ini telah digunakan untuk berbagai keperluan termasuk mencari pekerjaan. Glassdoor menemukan bahwa 45% kandidat mencari lowongan dengan telepon pintar setidaknya sekali dalam sehari. Penelitian mereka juga menyimpulkan bahwa 29% perusahaan terbesar di Australia dan 30% di Hong Kong, serta 32% universitas besar di Amerika memiliki website lowongan kerja yang dapat diakses dari perangkat mobile.

Pada tahun 2018, aplikasi yang ramah perangkat mobileakan lebih banyak dibangun oleh perusahaan untuk mendapatkan kandidat. Sekitar 48% pencari kerja saat ini mengandalkan perangkat mudah alih untuk mencari pekerjaan. Berdasarkan riset PageUp, pencarian kerja di website 16% dilakukan melalui perangkat mobile.

Penggunaan augmented dan virtualreality

Teknologi augmented dan virtual reality akan mewarnai tren rekrutmen di tahun 2018. Google, Apple, dan Facebook mulai mendorong aplikasi baru untuk menggunakan teknologi ini. Penggunaan VR untuk menarik kandidat akan semakin populer. Teknologi ini memungkinkan kandidat berinteraksi dengan lingkungan simulasi dari pengalaman nyata. Melalui VR, kandidat diminta masuk ke dalam simulasi 3D sebuah lingkungan pekerjaan. Setelah itu, mereka dihadapkan pada permasalahan yang harus dipecahkan. Di sinilah HRD melakukan penilaian terhadap kandidat.

Pantau terus aplikasi (Android/iOS) Jobs Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini tentang tren rekrutmen di tahun 2018. Dengan mengetahuinya, Anda dapat mempersiapkan hal-hal yang penting agar dapat merekrut karyawan sesuai dengan iklim bisnis saat ini.

http://blog.jobsindonesia.com/teknologi-mewarnai-tren-rekrutmen-di-tahun-2018/

syaid adianto

syaid adianto

Seorang Pemuda yang memiliki hobi membaca, berenang, jogging, berolahraga, futsal, dan treveling. 
syaid adianto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *